skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Katarak Operasi Lasik

Katarak Operasi Lasik

Pengobatan katarak dan lasik memang sama-sama memberikan bantuan untuk mengembalikan fungsi penglihatan Anda secara normal. Namun, sebenarnya ada perbedaan mendasar yang menyebabkan keduanya berbeda.

Mata katarak umumnya disebabkan oleh usia, trauma pada mata, keturunan, paparan radiasi sinar UV, mengonsumsi obat-obatan tertentu, hingga kondisi medis tertentu seperti diabetes. Mata katarak tidak bisa dicegah, sehingga penderitanya harus melakukan operasi untuk mengobatinya.

Dalam operasi katarak, dokter bedah akan mengangkat lensa alami mata yang sudah berubah menjadi putih keruh dengan menggantinya menggunakan lensa intraokular buatan (IOL). Lensa ini hanya mengoreksi satu jarak saja. Maksudnya, dapat memperbaiki rabun jauh tetapi tidak mengatasi rabun dekat, sehingga penderita mungkin perlu memakai kacamata untuk melihat pada jarak yang tidak dikoreksi.

Keuntungan Operasi Mata LASIK

Seperti pengobatan bedah lainnya, operasi mata LASIK juga membawa risiko dan komplikasi sendiri. Survei terbaru menunjukkan bahwa sekitar 90% dari pasien puas dengan hasil operasi. Namun, prosedur ini tidak sepenuhnya bebas risiko. Pertama-tama, mari kita lihat keuntungan dari operasi mata LASIK.

  1. Koreksi Penglihatan: Prosedur bedah sangat efektif dalam mengoreksi kesalahan bias seperti, miopia (rabun dekat) dan hyperopia (rabun jauh). Sebagian besar pasien yang telah menjalani operasi puas dengan hasilnya.
  2. Prosedur Rawat Jalan: Prosedur bedah rawat jalan, operasi mata LASIK memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk setiap mata. Prosedur ini dapat dilakukan pada kedua mata pada sesi yang sama, atau pada hari yang berbeda.
  3. Minimal Rasa Sakit: Operasi ini dikaitkan dengan rasa sakit yang minimal dan ketidaknyamanan. Sementara anestesi diberikan dalam bentuk tetes mata, obat-obatan juga dapat digunakan pasien untuk bersantai selama prosedur operasi. Operasi ini tidak melibatkan jahitan.
  4. Satu Kali Bedah: Biasanya, operasi ini dilakukan hanya satu kali, yang hampir tanpa rasa sakit dan dilakukan dalam hitungan menit. Namun, dengan bertambahnya usia, beberapa orang mungkin masih membutuhkan kacamata baca. Dalam hal itu, mereka mungkin memilih untuk operasi lain untuk perbaikan penglihatan.
  5. Hasil Cepat: Keuntungan lain adalah penyembuhan cepat, pemulihan cepat, dan hasil yang baik. Dalam kebanyakan kasus, mata akan kembali stabil dalam beberapa hari. Hasil langsung dapat terlihat pada pasien dengan masalah penglihatan ringan.
  6. Tidak Ada Lagi Kacamata atau Lensa Kontak: Operasi mata LASIK bisa menjadi keuntungan bagi mereka, yang alergi terhadap lensa kontak dan mereka yang ingin menyingkirkan kacamata. Prosedur ini sangat bermanfaat bagi profesi yang tidak memperbolehkan berkacamata atau memakai lensa kontak.

Kelemahan Operasi Mata LASIK

  1. Hasil buruk: Meskipun prosedur ini dikatakan sangat efektif, beberapa orang mungkin tidak mengalami peningkatan yang cukup, bahkan setelah menjalani operasi. Hal ini juga berpendapat bahwa hasil yang baik hanya untuk pasien yang memiliki masalah mata ringan atau sedang dan bukan untuk mereka yang memiliki masalah mata parah dan sudah lama.
  2. Efek Samping: Dalam kasus operasi mata LASIK, dapat menimbulkan efek samping yang tidak biasa. Sementara beberapa dapat mengalami mata melotot, adanya lingkaran cahaya, dan penglihatan ganda, masalah dengan penglihatan pada malam hari juga banyak ditemukan. Sebagian besar pasien mungkin mengalami mata kering selama beberapa bulan setelah operasi, tapi untuk beberapa, sindrom mata kering yang parah dapat bertahan lebih lama dan membutuhkan perawatan. Efek samping lain termasuk kelebihan koreksi, kekurangan koreksi, induksi silindris, sensitivitas cahaya, dll.
  3. Komplikasi: Pembedahan ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi kornea, perpindahan atau lipatan di penutup kornea, lipatan terselip, perdarahan Subconjunctival dan penipisan kornea juga dialami oleh beberapa orang.
  4. Bedah Koreksi: Dalam beberapa kasus, operasi lain mungkin diperlukan baik untuk meningkatkan hasil atau untuk memperbaiki masalah yang ditimbulkan oleh operasi sebelumnya. Sementara kekurangan koreksi diperbaiki dengan operasi kedua, kelebihan koreksi sering diperbaiki dengan lensa kontak atau kacamata.
  5. Kacamata atau Lensa: Kebebasan dari kacamata atau lensa dikatakan menjadi keuntungan tambahan dari operasi mata LASIK. Namun dalam beberapa kasus, kacamata atau lensa mungkin diperlukan, bahkan setelah operasi.
  6. Kerugian Pada Mata atau Kerusakan Ireversibel: Operasi mata LASIK melibatkan pembentukan jaringan kornea. Dalam beberapa kasus tertentu yang jarang, kehilangan penglihatan atau kerusakan permanen mungkin terjadi, sebagai akibat dari prosedur ini. Operasi dan pengobatan lebih lanjut kadang dapat memperbaiki kerusakan.
  7. Biaya tinggi: Operasi mata LASIK membutuhkan biaya mahal dan sebagian besar perusahaan asuransi tidak mencakup prosedur ini.

Prosedur Lasik

Sebelum pasien menjalani lasik ada beberapa hal dan kegiatan pemeriksaan yang harus di jalani, antara lain:

  1. Hendaknya sebelum pemeriksaan, pasien sudah tidak memakai lensa kontak lunak minimal 2 minggu dan untuk lensa kontak keras atau RGP minimal 1 bulan, ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi kornea menjadi normal.
  2. Pasien hendaknya tidak datang sendiri, melainkan ada teman atau pendamping, karena pada umumnya jika di perlukan pemeriksaan dengan dilatasi atau pelebaran pada pupil untuk memeriksa retina secara menyeluruh, maka penglihatan akan menjadi kabur selama sekitar 4-5 jam, dan ini untuk membantu jika pasien harus pulang dengan kendaraan mobil (harus ada yang setir, atau pilihan lain, naik taksi).
  3. Pada saat registrasi, pasien akan di jelaskan bagaimana proses lasik dan sebagainya
  4. Menjalani pemeriksaan oleh Refraksionis Optisien meliputi, pengukuran lebar pupil, ukuran refraksi, pemeriksaan topography kornea, pemeriksaan abberasi dan pemeriksaan tebal kornea.
  5. Selanjutnya konsultasi dan menjalani pemeriksaan oleh Dokter spesialis mata, meliputi pemeriksaan refraksi, Kornea, air mata, fundus dan menentukan kelayakan untuk menjanai lasik.
  6. Penjadwalan hari tindakan lasik atas kesepakatan dokter dan pasien.

Pada Hari Menjalani Lasik.

– Dianjurkan untuk makan secukupnya, tidak perlu berpuasa

– Sebaiknya mengajak seseorang untuk menemani Anda, agar bisa mengantarkan dalam perjalanan pulang.

– Jangan memakai make up disekitar mata seperti eye shadow, mascara dll sebelum dan sesudah operasi, sampai diijinkan oleh dokter.

– Minum obat penenang jika diperlukan, agar anda bisa lebih tenang dan santai.

– Selama menjalani tindakan LASIK, sebaiknya selalu mengikuti instruksi dan kooperatif dengan dokter dan staf.

– Tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan pada hari setelah LASIK, sampai dokter mengijinkan.

– Jangan memakai parfum, body lotion, bodyspray, aftershafe, minyak rambut, dll yang beraroma wangi.

– Dianjurkan mandi dan mencuci rambut.