skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Katarak Operasi Laser

Katarak Operasi Laser

Intensitas paparan sinar ultraviolet yang banyak menyebabkan penduduk Asia berpotensi mengalami katarak. Kini pengobatan katarak tak perlu lagi dengan pisau, melainkan dengan teknologi katarak laser, katarak laser.

Operasi katarak laser adalah pengangkatan lensa mata yang telah mengembangkan kekeruhan, yang disebut sebagai katarak. Perubahan metabolik pada serat lensa dari waktu ke waktu menyebabkan pengurangan transparansi lensa. Setelah operasi pengangkatan lensa, implan lensa intraokuler buatan dimasukkan.

Di salah satu rumah sakit mata di Jakarta memperkenalkan teknologi katarak laser terbaru yaitu Femtosecond Cataract Surgery yang digunakan untuk pembedahan katarak laser. Alat dengan teknologi terkini mengganti lensa mata tanpa sayatan pisau melainkan laser

Femtosecond Cataract Surgery merupakan alat laser pertama yang diakui Food and Drug Administration (FDA) untuk operasi katarak laser. Dengan menggunakan platform operasi 3D (tiga dimensi), alat ini memberikan visualisasi 3D, sayatan kornea (hanya 1,8 mm) dan fragmentasi lensa dapat dilakukan dalam satu langkah.

Dokter dapat memperhitungkan ukuran, bentuk, dan lokasi setiap sayatan dengan lebih tepat berkat layar sentuh intuitifnya dengan interface grafis yang mempermudah prosedur operasi.

Kelebihan Dan Manfaat Operasi Katarak Laser Femtosecond

Berikut ini adalah kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan dari opersi katarak laser, antara lain sebagai berikut:

  1. Operasi Katarak Laser – Tingkat realibilitas dan keamanan yang lebih baik – mengurangi resiko komplikasi dalam operasi, terutama pada katarak yang lebih kompleks.
  2. Sistem laser memungkinkan posisi dan sentrasi lensa intraokular yang sangat akurat, mengurangi aberasi optik dan kelainan refraksi.
  3. Operasi dapat diprediksi lebih baik dengan menggunakan laser untuk melakukan beberapa langkah manual dalam operasi.
  4. Interface kecil yang melengkung pada laser mencegah penekanan pada kornea dan sensor tekanan mendeteksi tekanan yang berlebihan pada mata untuk mencegah “black out” saat prosedur aplikasi laser
  5. Fungsi pengimejan OCT “real time” dari platform laser melacak perkembangan prosedur dan memberikan “real time feedback” imej mata kepada dokter selama seluruh proses operasi memberikan tingkat keamanan tambahan untuk pasien.
  6. Frakmentasi lensa dengan laser mengurangi tenaga ultrasonik yang dibutuhkan selama proses fakoemulsifikasi, mengurangi resiko komplikasi kapsul dan cedera kornea.
  7. Sistem laser mengurangi tenaga fakoemulsifikasi yang dibutuhkan sebanyak 43% dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk fakoemulsifikasi sebesar 51% .
  8. Potensi untuk mengurangi resiko kapsul robek dan komplikasi dalm operasi katarak kerana kapsul yang lebih kuat.

Pada setiap operasi bedah selalu ada kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan si pasien operasi, walau secanggih apapun teknologi operasi yang digunakan. Berikut ini adalah kekurangan / efeksamping dari operasi katarak:

  1. Hasil jelek: Walau prosedur ini disebutkan sangatlah efisien, sebagian orang mungkin saja tak alami penambahan yang cukup, bahkan juga sesudah melakukan operasi. Hal semacam ini juga memiliki pendapat bahwa hasil yang baik cuma untuk pasien yang mempunyai permasalahan mata enteng atau tengah serta bukanlah buat mereka yang mempunyai permasalahan mata kronis serta telah lama.
  2. Efeksamping Samping: Dalam masalah operasi mata LASIK, bisa menyebabkan dampak sampingkatarak yg tidak umum. Sesaat sebagian bisa alami mata melotot, ada lingkaran sinar, serta pandangan ganda, permasalahan dengan pandangan saat malam hari juga banyak diketemukan. Beberapa besar pasien mungkin saja alami mata kering sepanjang sebagian bln.

sesudah operasi, namun untuk sebagian, sindrom mata kering yang kronis bisa bertahan lebih lama serta memerlukan perawatan.

  1. Dampak samping lain termasuk juga keunggulan koreksi, kekurangan koreksi, induksi silindris, sensitivitas sinar, dan lain-lain.
  2. Kacamata atau Lensa: Kebebasan dari kacamata atau lensa disebutkan jadi keuntungan penambahan dari operasi mata LASIK. Tetapi dalam sebagian masalah, kacamata atau lensa mungkin saja dibutuhkan, bahkan juga sesudah operasi.
  3. Kerugian Pada Mata atau Rusaknya Ireversibel: Operasi mata LASIK melibatkan pembentukan jaringan kornea. Dalam sebagian masalah spesifik yang tidak sering, kehilangan pandangan atau rusaknya permanen mungkin saja berlangsung, juga sebagai akibatnya karena prosedur ini.
  4. Komplikasi: Pembedahan ini bisa mengakibatkan komplikasi, seperti infeksi kornea, perpindahan atau lipatan di penutup kornea, lipatan terselip, perdarahan Subconjunctival serta penipisan kornea juga dihadapi oleh sebagian orang.
  5. Bedah Koreksi: Dalam sebagian masalah, operasi lain mungkin saja dibutuhkan baik untuk tingkatkan hasil atau untuk melakukan perbaikan permasalahan yang diakibatkan oleh operasi pada awal mulanya. Sesaat kekurangan koreksi diperbaiki dengan operasi ke-2, keunggulan koreksi kerap diperbaiki dengan lensa kontak atau kacamata.