skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri Penyakit Katarak Mata

Ciri Penyakit Katarak Mata

Seseorang yang menderita mata katarak biasanya tidak menyadarinya, karena katarak tumbuh dan berkembang secara perlahan tanpa menimbulkan rasa sakit pada mata itu sendiri. Akan tetapi mata katarak ini pada awal kondisi akan mempengaruhi bagian lensa mata, bahkan sedikit demi sedikit mempengaruhi pandangan mata anda seluruhnya.

Saat noda keruh pada lensa mata mulai berkembang dan mempengaruhi sebagian kecil pandangan anda, akan muncul noda putih seperti berawan lama-kelamaan akan menutupi lensa mata anda yang tadinya berwarna hitam akan menjadi warna putih dan cahaya akan sulit diterima retina dan pada akhirnya pandangan anda terhadap suatu objek akan kabur dan mengalami kebutaan.

 

Berikut ini adalah hal-hal yang melatar belakangi terjadinya katarak, antara lain :

  • Usia
  • Diabetes
  • Sejarah keluarga dengan katarak
  • Pernah mengalami cedera atau radang pada mata
  • Pernah mengalami operasi mata
  • Penggunaan corticosteroids dalam jangka waktu lama
  • Terkena sinar matahari secara berlebihan
  • Terkena radiasi ion
  • Merokok

 

Untuk mempermudah anda mengenali Gejala Dan Tanda-Tanda Mata Katarak, antara lain :

  1. Pandangan mata yang kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap. Noda putih yang semakin berkembang akan mengalami pandangan mata menjadi kabur, objek terhadap suatu benda menjadi sulit untuk dikenali bahkan tak dapat membedakan warna cahaya.
  2. Sulit melihat pada malam hari. Penderita penyakit mata apapun akan merasa kesulitan ketika melihat suatu objek atau cahaya pada malam hari, hal ini dikarenakan lensa mata akan membaca kefokusan objek yang diterima oleh lensa mata.
  3. Sensitif pada cahaya. Penderita mata katarak akan merasa sensitif pada intensitas cahaya yang diterima oleh lensa mata, mata menjadi sensitif karena ketidakmampuan retina menerima cahaya dan lensa mata tidak dapat memfokuskan cahaya untuk dikirim ke retina.
  4. Terdapat lingkaran cahaya saat memandang sinar. Pada saat lensa mata memandang atau menangkap cahaya atau sinar, lensa mata hanya mampu menangkap sinar seperti sebuah lingkaran.
  5. Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktifitas Penderita katarak sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup terang ketika melakukan berbagai aktivitas.
  6. Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena ketidaknyamanan tersebut. Penderita katarak yang menggunakan alat bantu untuk membaca dan melihat, cenderung lebih sering mengganti kacamata atau kontak lensa karena faktor ketidaknyamanan seperti ketika dirasa mata tidak lagi dapat melihat atau menangkap suatu objek benda atau cahaya sekalipun, penderita katarak mampu mengganti kacamata atau kontak lensa 2x dalam sebulan.
  7. Gejala Dan Tanda-Tanda Mata Katarak Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat. Penderita katarak hanya mampu melihat dan menangkap cahaya seperti sebuah lingkaran, namun lama-kelamaan akan memudar karena urat syaraf retina akan menguning jika melihat suatu objek benda terlalu lama.
  8. Gejala Dan Tanda-Tanda Mata Katarak suatu Pandangan ganda jika melihat dengan satu mata. Penderita katarak tidak membahayakan fisik jika diketahui sejak dini dan belum memasuki stadium yang semakin parah. Jika dalam kondisi yang parah, penderita katarak akan merasakan rasa nyeri di sekeliling mata, sering sakit kepala, kemudian terjadi peradangan.